Inilah 6 Cara Budidaya Sawi Dalam Polybag

Produsen & Distributor Polybag - Lim Corporation

Tanaman sayuran sawi ini bisa tumbuh maksimal di daerah dataran tinggi. Sayuran sawi ini termasuk dalam jenis sayuran yang tahan terhadap air hujan, oleh karena itu tanaman ini bisa ditanam sepanjang tahunnya. Namun, bila kemarau datang anda perlu penyiraman dengan teratur. Tanaman sayuran sawi pada dasarnya tidak terlalu membutuhkan air. Media tanam berupa tanah yang gembur, banyak humus, dan mempunyai pembuangan air yang baik. Jika anda berminat untuk membudidayakan sawi di polybag anda bisa membaca cara membudidayakan sawi di polybag dibawah ini.

Baca Juga :
Cara membudidayakan sawi di polybag :

1. Penyemaian benih
Sawi bisa tumbuh dengan baik jika pembenihan dikerjakan dengan cermat. Benih yang baik bisa menghasilkan tanaman yang memiliki pertumbuhan yang bagus. Benih sawi yang akan dipakai harus mempunyai kualitas yang baik. Umumnya benih sawi yang baik mempunyai bentuk bulat, kecil, warna kulit coklat kehitaman, agak keras, dan permukaannya licin mengkilap.

2. Media tanam sawi di polybag
Polybag yang dipakai untuk menanam sawi adalah polybag yang berdiameter 15 cm. Setelah mendapatkan polybag, kita akan membuat media untuk tanamnya. Media tanamnya terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam atau dapat juga sabut kelapa. Perbandingan untuk bahan media tanam tersebut 2:1:1. Setelah itu, bahan - bahan tersebut dicampur rata. Setelah bahan - bahan dicampurkan dengan rata, kemudian masukkan ke dalam polybag yang sudah disediakan. Lalu diamkan media tanam selama 3 hari, setelah itu bisa dipakai untuk menanam.

3. Penanaman sawi di polybag
Lubangi disetiap polybag untuk proses penanaman bibit sawi. Setiap lubang tanam dapat ditanami 3 bibit sawi. Pindahkan bibit sawi dengan hati - hati ke dalam lubang tanam. Setelah proses ini selesai, siram sekali dalam sehari. Tambahkan kompos pupuk organik jika memang sawi kurang begitu subur.

4. Tahap perawatan
Penyiraman tanaman sawi bisa dikerjakan menurut musim. Bila tidak terlalu panas, penyiraman bisa dikerjakan sehari sekali, pada pagi hari atau sore hari. Saat musim penghujan, maka drainase media tanam polybag harus diperhatikan kelancaranya. Kemudian pencabutan tanaman sawi yang tumbuh terlalu rapat juga perlu sekali untuk dilakukan.

5. Penanggulangan hama
Hama yang umumnya menyerang tanaman sawi, seperti kumbang daun, ulat daun, dan penyakit akar. Untuk menanggulangi hama tersebut bisa dilakukan secara mekanik. Usahakan untuk menghindari pemakaian pestisida untuk menanggulangi hama dan penyakit sawi. Bila terpaksa harus memakai pestisida, maka usahakan dipakai 2 minggu sebelum masa panen tiba.

6. Panen sawi
Proses pemanenan sawi bisa dilakukan pada umur 40 sampai 50 hari setelah tanam. Cara memanen sawi adalah dengan cara memotong pangkal batang atau dengan mencabut seluruh tanaman sawi. Setelah dicabut, anda bersihkan sawi tersebut dengan membuang tanah yang melekat pada akar sawi atau dengan memotong bagian yang tidak dibutuhkan. Setelah itu, cucilah menggunakan air untuk memperpanjang kesegaran tanaman sawi.

Jual Polybag Awet dan Murah
Jika anda membutuhkan dan memerlukan Polybag untuk budidaya tanaman dan pembibitan atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp           : 031-8830487
Mobile       : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email         : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 Admin 3

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar