Budidaya Lidah Buaya Secara Praktis


Lahan yang tidak bekitu luas bukan menjadi masalah bagi anda yang ingin menanam lidah buaya. Sekarang ini anda bisa menanam lidah buaya dengan mudah menggunakan polybag. Anda bisa menanam lidah buaya pada lahan yang tidak begitu luas. Menanam tanaman lidah buaya di dalam polybag akan membuat anda lebih mudah merawatnnya. Anda tak perlu resah saat pertumbuhan tanaman lidah buaya karena lidah buaya dapat tumbuh dengan sangat baik meski di dalam polybag. Anda bisa memanfaatkan tanah yang anda punya dan menggunakan cara atau metode ini untuk mengembangkan lidah buaya. Tahapan menanam lidah buaya didalam polybag tidak lah sulit.

Baca Juga :
Beberapa hal yang sangat perlu di ingat ketika anda akan membudidayakan lidah buaya dengan memakai polybag. Anda harus mengatur jarak polybag, pemupukan, pengairan dan perawatan yang lainnya. Penaggulangan hama termasuk sebagai hal yang penting supaya budidaya lidah buaya di lahan yang tidak terlalu luas masih bisa sukses. Lidah buaya adalah tanaman yang kaya manfaat sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Anda bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai tanaman obat, perawatan kecantikan bahkan dapat dijadikan untuk bahan makanan yang menyehatkan. Caranya menanam lidah buaya pada polybag bisa dimulai dengan tahapan yang pertama mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk menanam lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya di Polybag :

Persiapan menanam lidah buaya
Anda bisa menanaman lidah buaya dalam polybag dipekarangan rumah anda dan memudahkan anda jika anda sedang membutuhkan tanaman ini. Hal pertama yang anda lakukan menyiapkan polybag yang akan di gunakan sebagai media tanaman. Ukuran polybag perlu diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan polibag dengan ukuran yang tak terlalu besar supaya dapat menanam banyak lidah buaya dipekarangan rumah anda. Anda bisa memilih polybag dengan ukuran yang berdiameter sekitar 20 cm. Ukuran ini tak terlalu besar namun sangat cocok untuk menanam di lahan yang terbatas. Cara menanam tanaman lidah buaya didalam polybag yang selanjutnya adalah dengan cara mengisi polibag dengan tanah sebagai media tanamnya.

Pembuatan media tanam
Anda bisa mencampuri pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingannya 2:1:1. Perbandingan yang ini akan membuat media yang tepat untuk menanam tanaman lidah buaya. Media tanam yang sudah dicampurkan selanjutnya anda bisa melakukan pengisian kedalam polibag yang sudah tersedia. Isilah dengan tepat dan jangan terlalu penuh supaya lidah buaya dapat tumbuh dengan baik. Cara penanaman lidah buaya didalam sebuah polybag ini mudah sekali dan juga memberikan ruang yang efisien untuk pertumbuhan lidah buaya. Setelah itu semua polibag yang anda siapkan terisi dengan tanah yang sudah di kombinasikan menggunakan pupuk dan juga pasir, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menanam lidah buaya.

Penanaman lidah buaya
Tahapan menanam lidah buaya didalam polybag ini bisa dikatakan sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menyiapkan bibit lidah buaya yang masih kecil - kecil sebanyak yang anda butuhkan. Anakan lidah buaya atau tumbuhan kecil lidah buaya merupakan bibit tanamn lidah buaya yang sangat pas untuk dapat dikembangbiyakkan menggunakan polibag. Menanam bibit lidah buaya didalam polybag atau anakan lidah buaya sama dengan penanaman pada tanaman yang lainnya. Hal yang perlu anda lakukan ialah mengenai kedalaman dari penanaman. Anda sebaiknya jangan terlalu menanam bibit anakan liadah buaya atau tanaman lidah buaya kecil terlalu dalam supaya tanaman tidak membusuk dan jangan terlalu dangkal supaya juga tanaman tidak mudah roboh.

Pemupukan tanaman
Untuk pemupukan tanaman anda sebaiknya mengetahui mengenai takaran dan juga bagaimana cara pemupukan yang sangat tepat. Cara menanam lidah buaya didalam polybag yang sudah anda lakukan dengan cara sangat baik maka anda tentu sangat perlu pemupukan yang sangat tepat . Anda bisa memakai pupuk NPK atau juga bisa memakai pupuk organik. Jika anda menggunakan pupuk NPK akibatnya anda bisa memberikan 2 gr pupuk untuk setiap polybag yang anda punya. Pilihan lainnya untuk pupuk yang baik ialah pupuk cair organik. Anda dapat memilih pupuk yang mana saja dan sangat tepat. pemberian pupuk dilakukan setiap dua minggu sekali supaya tanaman anda selalu sehat dan tumbuh dengan subur. Setelah itu anda memberikan pupuk dengan tepat maka anda harus juga memperhatikan perawatan yang lainnya.

Pengairan untuk tanaman lidah buaya
Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang tak terlalu membutuhkan banyak air, namun penyiramannya tetap diperlukan apalagi jika musim kemarau telah tiba. Anda bisa menyiraman tanaman setiap harinya sebanyak satu kali karena bila tanaman terlalu banyak air justru dapat mengakibatkan pembusukan. Ketika musim penghujan anda tak perlu melakukan pengairan. Pemberian air ini juga harus disesuai dengan ukuran polibagnya, jangan sampai anda melakukan pengairan hingga membuat genangan air dipolibag karena justru akan membuat tanaman anda mati. Lidah buaya bukanlah tanaman air yang membutuhkan banyak air agar bisa tumbuh. Cara menanam lidah buaya didalam polybag yang sesuai bisa menghasilkan tanaman yang sehat dan besar.

Pencahayaan lidah buaya
Lidah buaya merupakan tanaman yang membutuhkan banyak cahaya sepanjang hari. lahan yang harus anda persiapkan untuk dapat menanam lidah buaya ialah pada daerah yang terkena panas seharian sehingga lidah buaya mendapatkan cukup cahaya. Dengan adanya cahaya yang sangat cukup maka pertumbuhan lidah buaya bisa maksimal. Anda bisa melakukan tips cara menanam lidah buaya didalam polybag supaya anda bisa mendapatkan tanaman lidah buaya yang tumbuh maksimal. Penempatan lidah buaya merupakan hal yang sangat penting jadi anda harus benar-benar menyiapkan lokasi yang sangat tepat disekitar rumah anda. Setelah anda menaman lidah buaya dan tumbuh dengan sangat baik dan siap panen, maka anda bisa melakukan pemanenan .Usia yang sangat pas untuk tanaman lidah buaya siap panen ialah sekitar 6 bulan. Anda dapat memetik lidah buaya mulai dari daun yang paling tua. Semoga saja artikel ini dapat membantu anda bercocok tanam lidah buaya di pekarangan rumah anda menggunakan polybag.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar