Cara Menanam Kangkung Cabut Menggunakan Polybag

Jual Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Kangkung yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatic sp ini yaitu jenis sayuran yang sangat bergizi serta kebanyakan dibikin menjadi tumis kangkung. Tanaman ini cukup banyak ditemukan di Indonesia juga dapat tumbuh dimana saja. Terdapat 2 jenis kangkung yang sering kita jumpai yakni kangkung sawah dan kangkung darat. Akan tetapi sekarang kamu tak perlu bingung buat menanam kangkung. Anda tak perlu memerlukan lahan yang luas, hanya dengan memakai pot ataupun polybag pun Anda dapat menanam kangkung sendiri di rumah. Dengan kata lain, menanam kangkung di pot ataupun polybag dapat menjadi alternative yang pas untuk Anda yang tidak memiliki lahan yang luas.

Baca Juga :
Manfaat Kangkung bagi Kesehatan
Sebelum membahas mengenai cara menanam kangkung dengan memakai polybag ataupun pot, mungkin kamu perlu mengetahui apa saja kegunaan kangkung bagi kesehatan.
Kangkung dipercaya bisa mengatasi sembelit secara baik. hal ini disebabkan kangkung mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga membuat sistem pencernaan lancar.

Di dalam kangkung mengandung zinc serta selenium yang tinggi.zat ini bisa menyebabkan rasa mengantuk. Sehingga membuat kangkung bisa dipakai buat mengatasi insomnia.
Kangkung bisa berfungsi buat menjaga kesehatan mata serta daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan kangkung mengandung vitamin A serta vitamin C yang tinggi,
Kangkung berfungsi buat mencegah anemia sebab mengandung zat besi yang dapat menambah kandungan hemoglobin di dalam tubuh.
Itulah beberapa manfaat dari kangkung yang cukup baik buat kesehatan. Terutama buat usus serta kesehatan hati Anda. melihat manfaat kangkung yang cukup banyak sekali. Tidak ada salahnya Anda mencoba buat menanam kangkung sendiri di rumah. Hal ini dapat menjadi hobi yang menyenangkan serta menyehatkan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara menanam kangkung cabut dengan memakai pot ataupun polybag.


Persiapan Bibit Kangkung
Sebenarnya ketika hendak menanam kangkung, Anda dapat langsung menanamnya ataupun melewati tahap penyemaian terlebih dulu. bila Anda memilih buat melakukan penyemaiannya terlebih dulu, Anda perlu menyiapkan tanah yang telah digemburkan lalu ditambahkan sama pupuk kompos. Bikinlah area penyemaian seperti bentuk gundukan tanah maupun tegalan. Biarkan area tersebut selama 1 malam, setelah itu sebarkan biji kangkung tersebut serta tutup dengan memakai jaring-jaring. Lakukan penyiraman 2 kali sehari. Pada umumnya dalam kurun waktu 5 hingga 7 hari sudah mulai tumbuh. Namun bila Anda tidak mau ribet serta susah, Anda dapat langsung menanam bibit kangkung di polybag ataupun pot tanpa proses penyemaian.

Persiapan Pot Ataupun Polybag
Bila hendak memakai pot, Anda perlu memakai pot yang berlubang di bagian bawahnya. Bila memakai polybag pun perlu dikasih lubang kecil dibagian bawahnya. bila Anda memakai pot ataupun polybag yang dibeli di pasar biasanya telah terdapat lubangnya. Namun bila Anda membuat pot sendiri, lubang menjadi hal yang penting. Ini berfungsi buat resapan air. Sesudah itu Anda dapat memasukkan media tanamnya. Media tanamnya dapat memakai campuran tanah serta kompos. Buat perbandingan tanah perlu lebih banyak dibandingkan kompos yakni 2:1. Dapat juga ditambahkan sama arang sekam namun sedikit saja. Sesudah polybag ataupun pot dikasih media tanam. Biarkan selama 1 hingga 2 hari terlebih dulu sebelum ditanam sama bibit kangkung.


Tahap Menanam Bibit Kangkung
Tahapan berikutnya ialah tahap penanaman. Bila tidak dilakukan proses penyemaian, berarti saat media tanam sudah siap. Anda tinggal menaruh beberapa bibit di dalam polybag. Namun bila Anda melakukan tahap penyemaian, berarti Anda perlu memindahkan dari tempat semaian ke pot ataupun polybag. saat melakukan pemindahan harus hati-hati, jangan sampai akarnya rusak sebab dapat menganggu proses pertumbuhan. Bikinlah lubang di pot ataupun polybag dengan jari telunjuk. Setiap pot cukup 3 buah lubang saja serta memiliki kedalaman 10 hingga 15 cm. Masukan 2 buah bibit kangkung di setiap lubangnya. Setelah itu tutup lubang dengan tanah. Jangan menekan tanah terlalu kencang sebab akan membuat bibit kangkung gampang patah. Begitu juga bila memakai biji langsung. Anda tinggal memasukkan bibit ke dalam lubang lalu menutupnya hingga tumbuh kecambah. Jangan lupa buat selalu tetap menyiramnya 2 kali dalam sehari yakni pada pagi serta siang hari secara rutin. Agar pertumbuhannya bisa berjalan secara baik serta tidak kekurangan air.

Tahap Perawatan Tanaman Kangkung
Perawatan tanaman kangkung tidaklah sulit. Tanaman ini cukup gampang buat tumbuh serta tidak gampang terkena hama penyakit. Anda dapat melakukan penyiraman secara rutin sehari dua kali yakni pada pagi serta sore hari. Bila Anda menanam pada musim hujan, dapat dikurangi penyiramannya. Hal ini disebabkan bila kangkung memperoleh terlalu banyak air, akan membuat gampang rusak. Selalu bersihkan rumput serta gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman kangkung. Adanya gulma serta rumput bisa mencuri nutrisi yang akan diperoleh kangkung, sehingga pertumbuhannya tidak berjalan secara baik. Selain itu, pemberian pupuk juga wajib tetap dilakukan. Akan lebih baik bila Anda memberikan pupuk organik, agar hasilnya lebih sehat.

Tahap Pemanenan
Waktu panen tanaman kangkung bisa dilakukan dalam waktu 25 hingga 30 hari. Buat cara pemanenannya perlu langsung dicabut hingga ke akarnya. Namun bila Anda mau memanen dalam 2 kali, Anda dapat memotongnya pada bagian batangnya saja. Sekarang Anda dapat menikmati kangkung sendiri di rumah dari hasil kebun Anda sendiri. Gampang bukan? Saya yakin Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.


Polybag adalah kantong plastik berwarna hitam yang biasanya digunakan untuk bertanam sebagai pengganti pot, atau lebih sering digunakan untuk tempat pembenihan tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargapolybag

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar