Cara Sukses Budidaya Mangga Alpukat Di Perkarangan Rumah | Polybag

Jual Polybag Best Quality - Lim Corporation

Mangga alpukat merupakan sebutan untuk mangga yang dapat dimakan memakai sendok yang buahnya bisa di belah tengah seperti halnya cara anda memakan alpukat. Mangga ini merupakan hasil perkawinan antara mangga madu dengan mangga gadung. Mangga jenis ini pertama kali dibudidayakan di daerah Pasuruan, Jawa Timur dan sekarang mangga alpukat ini mulai dikembangkan di Rembang, Sukorejo dan Wonorejo.

Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Mangga alpukat ini sangat lezat di santap dan harganya cukup mahal sebab pohon akan berbuah bila pohon telah berusia 5 - 6 tahun dan masa panennya sekitar 3 - 4 bulan setiap tahunnya atau saat bulan Agustus - November. Untuk menikmati mangga ini harus ditunggu hingga masak di pohon, tidak dapat di eram seperti halnya mangga biasa. Mangga alpukat ini dapat didapatkan di supermarket dan toko buah. Meskipun terbilang buah mangga jenis baru namun sudah banyak orang yang tidak sabar menikmatinya. Mangga alpukat ini di budidayakan di dataran rendah hingga menengah dan pada media tanah humus atau tanah lempung supaya pembuahannya optimal. Mangga ini pernah mendapat penghargaan dari Agrobisnis Holtikultura pada tahun 2013.

Baca Juga :
Perkembangan zaman saat ini sudah menyediakan berbagai cara untuk budidaya tanaman. Salah satunya seperti, budidaya tanaman dengan menggunakan media polybag. Ada banyak tanaman buah yang dapat dibudidayakan dengan meenggunakan polybag, contohnya mangga alpukat. Sukses bertanam mangga alpukat didalam polybag tentunya menjadi impian setiap pembudidaya. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan pada saat anda mau menjadikan mangga alpukat sebagai tabulampot. Berikut ini merupakan tips untuk budidaya mangga alpukat.

Pemilihan bibit
Pilihlah bibit mangga yang berasal dari perbanyakan dengan cara vegetatif seperti cangkok, okulasi, dan sambung pucuk. Umumnya, bibit tersebut akan lebih cepat untuk berbuah. Jangan anda memilih bibit yang sedang berbunga atau berbuah, sementara percabangannya belum terbentuk. Hal tersebut dapat mengakibatkan terhentinya pertumbuhan vegetatif yang dibutuhkan untuk awal pembentukan tanaman dalam polybag.

Pemilihan polybag
Pilihan bahan polybag  yang dapat digunakan untuk menanam mangga alpukat. Pilihlah polybag yang ukurannya sesuai dengan tinggi tanaman buah mangga. Polybag yang digunakan harus memiliki lubang di bagian bawah atau dasarnya berukuran sekitar 1 - 2 cm dengan jumlah sekitar 4 - 6 lubang. Usahakan polybag memiliki kaki. Bila tidak, maka dapat diganjal menggunakan batu bata atau yang lainnya.

Pemilihan media tanam dan penanaman
Tanaman mangga alpukat bisa tumbuh subur pada media yang gembur dan banyak mengandung pupuk organik. Media tanam mangga alpukat berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam. Sebelum penanaman, pastikan dulu dasar polybag telah dilubangi. Selanjutnya, isi bagian didalam polybag dengan serutan gergaji sekitar 5 - 10 cm. Masukkan media tanam hingga setengah bagian didalam polybag. Lepaskan bibit tanaman dari polibag, lalu masukkan ke polybag dan aturlah posisinya. Usahakan agar posisinya tegak. Tutup kembali dengan media tanam, namun jangan terlalu penuh, lalu padatkan. Anda usahakan bekas dari sambungan tanaman masih terlihat sekitar 10 - 15 cm di atas permukaan media tanam. Sesudah penanaman selesai, jangan lupa lakukan penyiraman.

Pemeliharaan
Penanaman mangga alpukat didalam polybag membutuhkan pemeliharaan yang intensif agar bisa berbuah secara optimal. Kegiatan pemeliharaan meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan.

Penjarangan dan pembungkusan buah
Penjarangan buah dilakukan pada buah yang pertama. Hal ini dikerjakan agar buah bisa tumbuh dengan maksimal. Sementara, pembungkusan buah bisa dilakukan untuk mencegah dari serangan hama. Umumnya menggunakan kantong semen atau plastik dipakai untuk membungkus buah.

Pemanenan 
Pemanenan buah mangga alpukat yang berasal dari bibit cangkok sama dengan cara menanam durian montong bisa dilakukan setelah tanaman berumur 3 tahun. Namun, panen akan terjadi lebih lama bila anda memakai bibit dari biji. Kisaran waktu panen dapat mencapai 4 - 5 tahun setelah tanam. Umumnya saat usia 2 tahun tanaman mangga alpukat dari bibit cangkok sudah dapat mulai berbuah. Namun kualitasnya masih belum sepenuhnya optimal. Rasa buah mangga alpukat ini relatif masih asam dan ukurannya pun kecil. Sehingga saat muncul buah pertama harus dilakukan penjarangan buah, hal ini akan memberikan sampak pada buah yang dihasilkan di musim selanjutnya. Tanaman mangga alpukat bisa berbuah selama 1 - 2 tahun sekali tergantung kondisi cuaca, pemeliharaan, dan perawatan tanaman mangga alpukat.

Jual Plastik Polybag Awet Dan Kuat
Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Untuk Anda yang sedang membutuhkan Polybag murah untuk bercocok tanam atau untuk yang lainnya, silahkan hubungi kami melalui SMS/Call/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar