Sukses Membudidayakan Apel Di Dalam Polybag

Jual Plastik Polybag Murah - Lim Corporation

Tanaman apel merupakan sejenis buah - buahan atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel sendiri. Buah apel umumnya berwarna merah kulitnya bila sudah masak dan siap untuk dimakan, namun dapat juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya sedikit lembek dan daging buahnya keras. Buah ini mempunyai beberapa biji di dalamnya. Orang mulai pertama kali menanam tanaman apel ini di Asia Tengah. Kini apel telah banyak berkembang di daerah yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel ini dalam bahasa Latin adalah Malus domestica.

Baca Juga :
Tanaman apel ini dibudidayakan dari keturunan Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris ( apel hutan atau apel liar ). Kebanyakan tanaman apel bagus dimakan secara mentah - mentah dan juga digunakan banyak jenis makanan untuk pesta. Apel ini dimasak hingga lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dapat dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel. Banyak para petani yang membudidayakan tanaman apel ini sebab banyak permintaan dari pasar. Untuk anda bila anda ingin membudidayakan tanaman apel ini di kebun atau diperkarangan rumah anda, berikut ini kami akan memberikan ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan tanaman apel di dalam polybag.

Polybag2


Tahapan membudidayakan tanaman apel :

Tempat penanaman 
Membuat suhu di sekitar biji apel menjadi lebih dingin merupakan cara pertama sekaligus yang paling umum dilakukan. Pada saat ini telah banyak terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat merawat biji apel. Sebab pohon apel ini bisa hidup dengan sempurna di lingkungan yang berada di dataran tinggi atau bersuhu udara dingin.

Setelah itu, biji apel yang sudah dikeringkan masukkan ke dalam sebuah wadah yang telah ditutupi secara rapat ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Lalu kalian jangan lupa untuk mengset tingkat kedinginan kulkas pada suhu 4.4 - 10 derajat C. Proses ini dilakukan selama 8 minggu, bila belum melewati 8 minggu, jangan dibuang bijinya. Sebab semua itu butuh proses. Bila telah mencapai 8 minggu dan biji mengeluarkan tunasnya, Pada saat itu tunas apel ini dapat dipindahkan ke tanah. Teknik ini umumnya disebut dengan after ripening.

Memindahkan tunas apel ke dalam polybag
Setelah biji apel yang ditaruh di dalam kulkas telah muncul tunas dan sedikit berakar, langkah selanjutnya yaitu menaruh tunas apel tersebut ke dalam polybag. Dalam pengisian tanah di dalam polybag ini juga tidak boleh sembarangan, sebab polybag ini harus disi dengan tanah gambut yang mempunyai Ph netral dan jangan lupa untuk menabahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 . Kemudian, pindahkan tunas apel yang sudah anda rawat secara hati - hati sebab saat ini akar pohon apel tersebut sangatlah rentan dari gangguan. Agar tidak rusak, anda bisa menutup akar tersebut dengan tanah lalu diberi air secukupnya. Kemudian, polybag yang telah berisi tunas apel tersebut ditaruh ditempat yang terkena sinar matahari pagi dan juga berada di tempat bersuhu ruangan sekitar 18 - 24 C. Bakal pohon apel tersebut sebaiknya diberi air secara rutin selama 3 sampai 4 minggu kemudian.

Iklan FP (6) (1)


Memindahkan tanaman apel di dalam tanah
Pada tahap ini tanaman apel yang anda tanamkan sudah mengeluarkan beberapa helai daun. Pada saat inilah waktu yang sangat tepat untuk memindahkan tunas apel ke tanah. Bila anda ingin menaruhnya di halaman depan ataupun belakang rumah, jangan lupa buatlah tanah yang berada ditempat tersebut gembur dengan cara mencangkulnya terlebih dulu.

Merawat pohon apel
Tahapan ini anda cukup memberikan air pada pohon apel secara rutin, terlebih lagi bila sudah memasuki musim kemarau, mungkin akan membutuhkan perhatian lebih dari pada hari - hari biasanya. Tetapi anda harus ingat, jangan memberikan air terlalu banyak sebab tanaman bisa bertahan di lingkungan lembab tetapi tidak basah. Bila batang pohon apel telah besar, kita juga bisa mengkombinasikannya dengan cara stek dan juga kita bisa memberikan pemupukan kepada pohon apel dengan jenis NPK sebanyak ¼ kg dan pupuk tersebut bisa diganti dalam jangka waktu 4 bulan sekali.

Memanen apel
Umumnya buah apel bisa dipetik setelah berumur 4 sampai 5 bulan setelah bunga yang pada tanaman apel mekar, hal itu akan terjadi kembali tergantung pada cara sahabat ilmubudidaya merawat tanaman apel itu sendiri. Terkadang ada yang sekitar berumur 120 - 141 hari setelah bunga mekar ada pula yang bisa dipanen meskiipun setelah 100 hari masak. Semua itu tergantung dari teknik perawatan, iklim, dan kondisi tanah yang dipakai untuk menanam apel.

Banner Polybag 18

Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar